0
0
0
WHAT WE BELIEVE IN

Elroi is a church that believes in Jesus, a church that loves God and people.


To reach and influence the world by building a large Christ-centered, Bible-based church, changing mindsets and empowering people to lead and impact in every sphere of life.



Our Mission Statement





History Of Elroi Church


ERC Sawangan GBI Bethany Cabang Sawangan lahir dengan cara Tuhan yang unik. Lahir dari “embrio” kumpulan anak-anak sekolah minggu yang kemudian, menjadi cikal bakal suatu Gereja yang besar dengan nama GBI Rayon 9.

Keberadaan gereja ini pun bukan di suatu kota tetapi dari sebuah desa bernama, Bojong Sari Lama dengan luas 330 ha. dengan jumlah penduduk 20.000an orang. Berada di kecamatan Sawangan dan menaungi 12 desa lainnya dengan luas total 16.738 ha. dengan jumlah penduduk sekitar 200.000an orang.

Berawal dari kegiatan doa oleh sekelompok muda-mudi yang berada dan masih ada hubungan keluarga di Bojong Sari Lama dan sekitarnya. Dengan dikoordinir oleh saudari Liyanti, setiap kamis malam anak-anak muda ini, mengadakan Ibadah Doa Syafaat. Karena jumlah mereka ada sekitar 15 orang, sehingga mereka harus mengontrak sebuah rumah untuk tempat berdoa dan Tuhan mengabulkan doa-doa mereka, banyak anak-anak usia 10 tahunan yang bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan. Dalam perkembangan, anak-anak sekolah minggu terus bertambah mencapai 50 anak. Melalui kesaksian anak sekolah minggu, banyak orang tua dan saudara mereka yang bertobat. Dan jumlah mereka yang percaya Yesus makin hari makin bertambah. Lalu tahun 1991, diadakan Persekutuan Doa (PD).

Tahun 1991 untuk pertama kali mereka mengadakan Ibadah Natal. Jemaat yang hadir waktu itu sekitar 75 orang. Tidak termasuk anak-anak sekolah minggu. Tahun 1992 PD ini menggabungkan diri dan bernaung dalam GBI Bethany cabang Karsa Pemuda. Setahun iuu kemudian PD ini berubah fungsi menjadi Gereja. GBI Bethany Cabang Sawangan. Sebagai gembala setempat adalah Bapak Pdt. Soewito Njotorahardjo (Sewaktu itu Pdp-Red) sedangkan Pdp. Liyanti sebagai wakilnya.

Ibadah Perdana, tepatnya 16 Mei 1993, jam 08:00 WIB. Jemaat yang hadir sekitar 110 orang, memenuhi Aula Wisma Kasih Agape yang luasnya 147 m2. Diantara jemaat yang beribadah, terdapat sekitar 45 orang penghuni panti jompo yang tinggal di wisma tersebut. Sedangkan firman Tuhan, disampaikan oleh staf gembala, bapak Pdt. Soewito Njotorahardjo (saat itu masih Pdp.-Red) dari Maz 55:23 dan 1 Pet 5:7 dengan tema “tentang kekuatiran”

Gereja ini telah mengembang ke kanan dan ke kiri sesuai visi Tuhan melalui Gembala Pembina Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo dari Yesaya 54: 2-3. Pada usia yang ke 4 tahun Bethany Sawangan telah mengembang ke Depok tepatnya di Hotel Bumi Wiyata dan Ciseeng (Parung) dan kini telah berkembang menjadi 17 cabang gereja, belum termasuk cabang di luar kota dan di luar pulau.

Setelah Pdt Suwito Njotorahardjo meninggal dunia pada tanggal 13 Februari 2006 pada usia 81 tahun, penggembalaan Rayon 9 digembalakan oleh Pdt Ir. Jongky T Widjojo sebagai Ka Rayon dengan Pdt Ari Nugroho SE dan Pdt M Riza Solihin sebagai Wakil Ka Rayon.

3rd Pentecost starts here....

GBI Bethany Sawangan dengan Gembala Pdt Suwito Njotorahardjo melakukan ibadah perdana 16 Mei 1993 di aula Panti Jompo Wisma Kasih Agape. Gereja ini adalah gereja cabang dari GBI Bethany Karsa Pemuda Senayan dengan Gembala Sidang Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo.

Gereja ini memulai pembukaan cabang di Depok awal 1996 dan terus bertumbuh menjadi 17 cabang, tidak termasuk di luar kota dan luar pulau.

Pdt Suwito Njotorahardjo meninggal dunia 13 Februari 2006 maka penggembalaan GBI Rayon 9 digembalakan oleh Pdt Ir Jongky T Widjojo Mth. sedangkan Pdt M Riza Solihin menjadi Gembala GBI Sawangan.

Sesuai visi dari Gembala Pembina Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo nama Bethany diturunkan maka 2002 gereja berganti nama menjadi GBI Sawangan dan ketika gereja menginjak tahun ke 25 gereja menambah sebutan El Roi Church (ERC) - Sawangan karena jemaatNya melihat selama 25 tahun Tuhan Maha Melihat (El Roi)

Kembali kepada visi Tuhan melalui Gembala Pembina yaitu sejak 2013 dimulainya era Pentakosta ke 3 maka ERC mengimani penuaian yang terakhir dan terbesar terjadi dan sekarang dengan 7 jam ibadah di hari minggu penuaian jiwa sedang terjadi.